Beranda » Tips Wisata » Panduan & Tips Tempat Terbaik Melihat Sunrise di Bromo

Panduan Lengkap Menyaksikan Sunrise di Gunung Bromo

Sunrise di Bromo adalah salah satu momen paling spektakuler yang menjadi tujuan utama saat mengunjungi Gunung Bromo. Gunung yang terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini menawarkan pengalaman wisata alam yang luar menawan.

Mengapa Sunrise di Bromo begitu populer?. Alasan utamanya adalah pemandangan alam Bromo yang tersaji begitu indah dan mempesona, bahkan membuat takjub. Selain itu, Wisata Gunung Bromo sangat mudah diakses dari berbagai kota besar di Jawa Timur seperti Kota Malang dan Surabaya. Sehingga menjagkau destinasi ini menjadi lebih mudah.

Selain melihat matahari terbit di Gunung Bromo. Terdapat banyak destinasi wisata lainya yaitu menikmati pemandangan yang unik dan instagramable di Pasir Berbisik, Bukit Teletubbies, dan Bukit Widodaren. Selanjutnya, jangan melewatkan berkunjung juga ke Kawah Bromo yang menjadi ikon utama Gunung Bromo. Terakhir, Pura Luhur Poten adalah tempat suci bagi masyarakat Tengger yang bisa dikunjungi untuk mempelajari budaya setempat.

Dengan semua keindahan dan keunikannya, Sunrise di Gunung Bromo menjadi salah satu destinasi wisata paling populer di Indonesia. Jika Anda ingin melihat salah satu momen matahari terbit paling indah di dunia. Gunung Bromo adalah destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi.

Berikut adalah beberapa panduan yang akan membantu untuk menikmati pesona sunrise Bromo:

Tips untuk Menikmati Sunrise di Bromo

Matahari Terbit di Penanjakan dengan kondisi cuaca cerah

Sunrise di Bromo merupakan salah satu pemandangan alam yang paling indah di Indonesia. Untuk menikmatinya, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, antara lain:

Baca Juga  10 Destinasi Wisata Gunung Bromo Paling Populer, Terindah dan Wajib Dikunjungi

a. Pilih waktu yang tepat untuk melihat sunrise di Bromo

Kapan waktu terbaik untuk melihat Sunrise di Gunung Bromo? momen ini terjadi sekitar pukul 05:30 WIB. Namun, waktu terbaik untuk melihatnya adalah sekitar 30 menit sebelum matahari terbit, agar Anda bisa menyaksikan prosesnya secara perlahan-lahan.

b. Berkunjung ke Bromo saat musim kemarau

Musim kemarau adalah musim yang ideal untuk mengunjungi Gunung Bromo untuk menikmati pemandangan matahari terbitnya. Karena saat muism kemarau pemandagan Gunung Bromo akan terlihat jelas dan curah hujan juga rendah, serta tidak tertutup kabut. Biasanya muism kemarau di bromo terjadi antara bulan Juli hingga September.

c. Mengenakan pakaian hangat saat sunrise di bromo

Suhu di Gunung Bromo bisa sangat dingin hingga di bawah 10 derajat Celsius, terutama saat pagi hari menjelang matahari terbit. Jadi, Anda perlu menyiapkan diri dengan baik dengan mengenakan pakaian yang hangat, seperti jaket, syal, dan sarung tangan.

d. Persiapkan uang tunai saat berwisata di Bromo

Gunung Bromo merupakan destinasi wisata alam, sehingga saat di lokasi sunrise point anda tidak akan menemukan mesin ATM. Anda harus membawa uang tunai guna untuk membeli berbagai keperluan seperti air minum, teh hangat, dan makanan ringan. Agar tidak kelaparan saat menunggu waktu matahari terbit di warung sekitar spot sunrise Penanjakan.

e. Pilih spot atau sunrise view point terbaik di Gunung Bromo

Ada banyak spot untuk melihat sunrise di Bromo, namun yang paling terkenal adalah Penanjakan 1. Spot ini menawarkan pemandangan yang sangat luas karena berada pada titik tertinggi di Gunung Bromo. Namun, spot ini juga sangat ramai, jadi Anda harus datang lebih awal untuk mendapatkan tempat yang strategis.

Selain Penanjakan 1 Bromo, ada spot lain seperti Bukit Kingkong, Bukit Teletubies, Bukit Mentigen, serta Penanjakan 2 Seruni Point. Destinasi sunrise point ini tidak seramai Bukit Penanjakan 1, sehingga Anda bisa mendapatkan pengalaman yang lebih intim dengan alam.

Tempat Terbaik untuk Melihat Sunrise di Bromo

Pemandangan Matahari Terbit di Bromo

Dimana wisatawan bisa menikmati keindahan matahari terbit di lokasi Gunung Bromo? Berikut penjelasan singkat tentang beberapa pilihan spot atau titik lokasi Sunrise Bromo yang bisa Anda nikmati.

a. Bukit Penanjakan 1 Gunung Bromo

Bukit Penanjakan 1 View Point Bromo

Suasana di View Point Bukit Penanjakan 1

Puncak Penanjakan 1 merupakan titik favorit untuk menikmati Sunrise di Gunung Bromo. Titik ini terletak di ketinggian 2.770 meter di atas permukaan laut, sehingga menawarkan pemandangan yang sangat luas dan menakjubkan. Dari Penanjakan 1, wisatawan bisa melihat Gunung Bromo, Gunung Semeru, Gunung Batok, dan Gunung Kursi.

Baca Juga  Puncak Bukit Perahu, Alternatif Sunrise View Terbaik di Gunung Bromo

Lokasi Penanjakan 1 Gunung Bromo

b. Puncak Penanjakan 2 Seruni Point

Seruni Point Penanjakan 2 View Bromo

Suasana di Bukit Penanjakan 2 Seruni Point Bromo

Penanjakan Bromo ada berapa sebenarnya?. Selain penanjakan 1 terdapat juga tempat alternatif melihat Sunrise di Bromo yaitu puncak Penanjakan 2 atau Seruni Point Bromo. Dari lokasi ini, pengunjung juga dapat dengan sempurna menyaksikan keindahan Sunrise di Bromo dari sudut yang berbeda. Meski demikian, lokasi ini juga tidak kalah menarik dengan view point penanjakan 1.

Lokasi Puncak Penanjakan 2 Seruni Point

c. Bukit Cinta atau Love Hill

Bukit Cinta ( Love Hills ) Penanjakan 3

Suasana di Bukit Cinta ( Love Hills ) Penanjakan 3

Bukit Cinta merupakan salah satu destinasi wisata Bromo untuk melihat matahari terbit yang berada di lereng Penanjakan. View point ini memiliki posisi sejajar dengan spot sunrise lainnya sehingga kerap disebut sebagai Penanjakan 3. Bukit Cinta bisa menjadi alternatif untuk menikmati keindahan Gunung Bromo saat lokasi Penanjakan 1 dan 2 ramai pengunjung.

Lokasi Bukit Cinta atau Love Hill Bromo

d. Bukit Kingkong Sunrise Bromo

Bukit Kingkong (King Kong Hill) Bromo

Suasana di Bukit Kingkong (King Kong Hill) Bromo

Bukit Kingkong merupakan salah satu spot alternatif melihat Sunrise di Bromo yang terletak di kawasan Wonokitri Pasuran. Objek wisata ini terletak sekitar 2,5 kilometer dari Puncak Penanjakan 1 dengan ketinggian sekitar 2.600 mdpl. Meskipun belum sepopuler Penanjakan 1 dan Penanjakan 2, namun Bukit ini menawarkan pemandangan Matahri terbit yang tidak kalah indah.

Lokasi Bukit Kingkong

e. Mentigen Hill Bromo

Bukit Mentigen (Mentigen Hill)

Suasana di Bukit Mentigen (Mentigen Hill)

Bukit Mentigen (Mentigen Hill) lokasinya berdekatan dengan Rest Area Ngadisari berada di ketinggian 2.300 mdpl. Merupakan salah satu spot Sunrise di Bromo yang berada di luar area Penanjakan. Bukit Mentigen Bomo mudah dijangkau dengan berbagai jenis kendaraan atau bahkan dengan berjalan kaki.

Lokasi Mentigen Hill Bromo

f. Jembatan Kaca Seruni Bromo

Jembatan Gantung Kaca Seruni

Suasana di Jembatan Gantung Kaca Seruni

Jembatan Kaca yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) memiliki panjang 120 meter dan lebar 1,8 meter. Dari atas jembatan, wisatawan dapat menikmati keindahan Sunrise di Bromo dari sudut yang berbeda. Digadang-gadang bakal menjadi primadona baru destinasi wisata di kawasan Gunung Bromo.

Lokasi Jembatan Kaca Seruni

g. Hillside Cafe Bromo Sunrise Point Terbaru

Hillside Cafe 360 View

Suasana di Hillside Cafe 360 View

Bromo Hillside Cafe merupakan salah satu destinasi wisata baru di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Cafe ini berada di Pos Jemplang, Jalan Bromo Semeru, Dusun Jarak Ijo, Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Baca Juga  Fenomena Embun Upas, Muncul Salju di Gunung Bromo!

Bromo Hillside 360 menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Wisatawan dapat menyaksikan matahari terbit atau sunrise dengan latar belakang Gunung Bromo yang megah termasuk Gunung Semeru. Pemandangan ini tentu sangat mempesona dan sayang untuk dilewatkan.

Baca selengkapnya: Bromo Hillside: Informasi Lokasi, Harga Tiket Masuk & Jam Buka!

Lokasi Bromo Hillside Cafe

Rute dan Jalur Menuju ke Gunung Bromo

Panorama dari Puncak Penanjakan

Pada umumnya, wisatawan menuju Gunung Bromo untuk menyaksikan matahari terbit akan transit di Kota Malang atau Kota Surabaya. Karena 2 kota ini terletak cukup dekat dan memiliki akomoadasi yang lengkap. Seperti hotel/penginapan, sarana transportasi (bandara, stasiun kereta, terminal), serta akses jalan langsung menuju Bromo.

Apabila ingin transit terlebih dahulu di Kota Surabaya, Anda bisa memilih jalur Pasuruan (Wonokitri) atau Probolinggo (Cemoro Lawang). Jika transit di Malang bisa menuju ke pintu masuk Bromo di wilayah Jemplang dan Gubukklakah. Selain itu, bisa juga melalui jalur Pasuruan atau Purwodadi di pintu masuk Wonoktiri.

Berikut ini adalah daftar pintu masuk serta rute yang bisa dilalui menuju Bromo:

a. Rute Sunrise di Bromo jalur Pasuruan dari Surabaya dan Malang

Jalur menuju Gunung Bromo melalui Pasuruan merupakan salah satu rute yang paling populer di kalangan wisatawan. Rute ini dapat diakses dari Surabaya, Pasuruan, maupun Malang. Terdapat dua jalur yang dapat dipilih, yaitu jalur via Purwodadi/Nongkojajar dan jalur via Pasuruan Kota/Pasrepan.

dari Kota Surabaya

Wisatawan yang datang dari Surabaya dapat menuju ke Kota Pasuruan. Selanjutnya, wisatawan dapat menuju ke Warungdowo, lalu Ranggeh. Dari Ranggeh, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menuju Puspo dan Tosari, hingga tiba di pos masuk Bromo.

dari Malang Kota

Bagi pengunjung yang datang dari Malang, disarankan menggunakan rute Bromo via Nongkojajar. Rute ini lebih singkat dan pemandangannya lebih indah. Dari Malang, pengunjung dapat berkendara ke arah Kebun Raya Purwodadi, lalu melanjutkan perjalanan ke Nongkojajar hingga Tosari. Dari Tosari, pengunjung dapat langsung menuju Pos Masuk Wonokitri Bromo.

b. Rute Sunrise di Bromo Jalur Probolinggo dari Surabaya

Jika berangkat dari Surabaya, Anda dapat melewati jalan tol Surabaya-Probolinggo. Setelah keluar dari pintu tol, lanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Sukapura, lalu ke Ngadisari. Dari Ngadisari, Anda dapat langsung menuju ke Cemoro Lawang, pintu masuk Bromo dari Probolinggo. Setelah tiba di Cemoro Lawang, Anda dapat menyewa jeep untuk menuju ke kawasan wisata Gunung Bromo. Rute ini membutuhkan waktu tempuh sekitar 3 jam.

Sewa Jeep Bromo: Harga mulai dari 700.000 perJeep dari pintu masuk Cemoro Lawang, Probolinggo

c. Rute Sunrise di Bromo Jalur Malang dari Malang Kota

Untuk menuju Bromo dari Malang, wisatawan dapat berkendara ke arah timur menuju Kecamatan Tumpang. Setelah itu, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Poncokusumo, Desa Gubukklakah, dan Desa Ngadas. Desa Ngadas merupakan pintu masuk Bromo dari Malang sekaligus lokasi rest area dan tempat menyewa Jeep Bromo.

Selanjutnya, wisatawan akan melewati wilayah Jemplang. Di persimpangan Jemplang, wisatawan harus belok kiri untuk memasuki kawasan wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Setelah belok kiri, wisatawan akan memasuki kawasan Padang Savana atau Bukit Teletubbies.

Ingin menikmati sunrise di Bromo tanpa perlu repot? Yuk, ikut paket open trip Bromo dari KawanjelajahTour.com!. Hanya dengan Rp 335.000,- saja, Anda bisa menikmati keindahan sunrise di Bromo dengan fasilitas lengkap, termasuk transportasi, akomodasi, dan makan selama perjalanan.

Apakah Anda sudah mendapatkan gambaran yang jelas mengenai Panduan Lengkap Menyaksikan Sunrise di Gunung Bromo. Jadi, tunggu apa lagi? Mari jadikan Wisata Gunung Bromo sebagai destinasi perjalanan berikutnya dan saksikan sendiri keajaiban alamnya yang menakjubkan!.

Selain destinasi menarik ini, masih banyak tempat wisata lain di Jawa Timur yang patut Anda kunjungi. Baca kumpulan artikel kami yang lain untuk referensi lebih lanjut dengan klik tautan ini. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi pesona alam Indonesia yang luar biasa. Selamat berpetualang!.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Agen Perjalanan, Biro Wisata, Tour Travel yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur, Indonesia. Berspesialisasi dalam menyediakan paket wisata ke Gunung Bromo, Kawah Ijen, Dieng, Yogyakarta, dan destinasi lainnya di Jawa Timur. Menawarkan pilihan open trip dan private trip dengan harga mulai dari Rp 300.000 per orang. Rental Mobil untuk area Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan Sekitarnya | Telp/Whatsapp: 081331310359.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

⚫ Online
kontak WA
kontak telp
kontak Sms