Beranda » Tips Wisata » 7 Tips Penting Wisata Bromo, Agar Liburan Kalian Jadi Berkesan!

Liburan ke Gunung Bromo bersama Keluarga | Paket Liburan Kawanjelajahour

Wisata Bromo merupakan salah satu destinasi unggulan di Indonesia yang terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung Bromo adalah gunung aktif dengan ketinggian 2.329 mdpl yang berada pada 4 Kabupaten di provinsi Jawa Timur. Walaupun Bromo berstatus Gunung Aktif, tetapi tak mengurangi minat wisatawan lokal maupun asing untuk berkunjung ke obyek wisata ini.

Gunung Bromo menawarakan keindahan alam yang penuh dengan daya tarik dan keunikan tersendiri. Matahari terbit yang indah, Lautan pasir seakan tak berujung, selaras dengan perbukitan hijau yang mempesona. Pemandangan alam dan udara dingin sejuk di sekitar Gunung Bromo adalah perwujudan keindahan mempesona.

Berikut adalah daftar objek wisata yang wajib dikunjungi dan menjadi daya tarik utama Gunung Bromo:

Bagi para traveller yang merencanakan perjalanan ke Bromo, persiapan matang adalah kunci agar liburan Anda menjadi nyaman dan berkesan. Selain persiapan yang matang, anda harus membawa perlengkapan yang tepat, rute perjalanan mana yang cocok, dan rekomendasi aktivitas saat liburan di Bromo.

Yuk Simak 7 tips penting Wisata ke Gunung Bromo yang harus diperhatikan agar liburanmu berjalan dengan lancar dan berkesan. Pelajari selengkapnya di sini!

1. Waktu Terbaik Berkunjung Untuk Wisata Bromo

Kerajinan Bunga Edelweiss Khas Suku Tengger | foto Kawanjelajahtour

Pada bulan April hingga Oktober ketika musim kemarau menjadi waktu terbaik untuk wisata ke Bromo. Karena pemandangan panorama bromo akan terlihat dengan jelas dan yang pasti potensi turun hujan juga rendah. Bulan terbaik untuk melihat sunrise di Bromo adalah pada bulan Juni hingga Agustus, karena saat itu memasuki puncak kemarau.

Apabila jika Anda ingin menghindari keramaian, datanglah saat hari kerja (weekday) atau bulan November hingga Maret (Musim Penghujan) bisa menjadi pilihan yang tepat. Untuk lebih lengkap anda bisa baca selengkapnya pada artikel kami “Waktu terbaik untuk berlibur ke Gunung Bromo“.

Sebagai catatan, selalu pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengunjungi Gunung Bromo seperti membawa peralatan dan pakaian yang sesuai, serta memperhatikan kondisi cuaca dan keselamatan.

2. Membawa Perlengkapan Yang Tepat Saat di Gunung Bromo

Gunung Penanjakan, Sunrise View Terbaik | Foto Kawanjelajahtour

Siapkan perlengkapan tepat selama liburan di Bromo yang terkenal dengan suhu udara yang sangat dingin. Suhu di Gunung Bromo berkisar 5 hingga 13 derajat celsius saat menjelang matahari terbit. Suhu tersebut bisa mendekati 0 derajat celsius saat musim kemarau antara bulan Juli hingga September.

Baca Juga  Harga Tiket Masuk Bromo & Cara Bayar Booking Online Terbaru 2024

Agar selama wisata di Bromo tetap merasa aman dan nyaman simak daftar perlengkapan yang tepat berikut ini:

  • Kenakan pakaian hangat dan nyaman, seperti jaket tebal, kaos kaki, sarung tangan, syal dan kupluk karena suhu bisa sangat dingin terutama pada malam hari.
  • Membawa masker jika kalian memerlukanya, karena asap dari kawah serta debu di lautan pasir bromo yang berterbangan dapat mengganggu pernapasan.
  • Membawa jas hujan atau raincoat karena tidak menutup kemungkinan selama ada di Bromo akan turun hujan. Bahkan embun pagi di kawasan Bromo pun bisa membuat bajumu basah kuyup karena suhu yang sangat rendah.
  • Siapkan obat – obatan pribadi yang kalian perlukan, sebagai contoh obat sakit kepala atau mual karena apabila yang lemah terhadap suhu dingin dan ketinggian gunung dapat beresiko terkena sakit kepala saat ada di bromo.
  • Pastikan membawa kamera atau ponsel yang memiliki kualitas foto yang baik karena Anda akan disuguhi dengan pemandangan yang luar biasa indah di Gunung Bromo.
  • Powerbank juga sangat penting untuk dibawa, sangat berguna untuk mengisi daya ponsel atau handphone agar tidak kehabisan baterai selama liburan di bromo.

Itulah beberapa perlangkapan yang wajib dipersiapkan saat akan liburan ke Bromo. Mungkin ada saran dan ingin menambahkan, silahkan tulis dikolom komentar ya.

3. Rute dan Jalur Wisata Menuju Gunung Bromo

Wisatawan yang ingin mengunjungi Gunung Bromo, mengetahui jalur dan rute yang tepat menuju tempat wisata tersebut sangatlah penting. Baik itu wisatawan yang berasal dari Jakarta, Malang, Surabaya, maupun kota besar lainnya, mengetahui akses dan jalur yang tepat ke Bromo pasti membantu selama liburan.

Jeep Gunung Bromo | Foto Kawanjelajahtour

Beberapa rute dan jalur yang umum para wisatawan gunakan menuju Gunung Bromo:

  • Wisata Bromo Jalur Pintu Masuk Wonokitri dari Pasuruan

Pintu masuk pertama menuju ke kawasan wisata Bromo adalah melalui pintu barat di Pasuruan. Anda akan melewati desa Wonokitri dan melewati medan lautan pasir yang lumayan terjal. Namun jangan khawatir, untuk sampai ke sana, Anda dapat Sewa Jeep Bromo yang biasanya sudah tersedia di sekitar desa Tosari. Dengan mobil Jeep tersebut, perjalanan Anda ke Bromo akan semakin menyenangkan dan berkesan!

  • Rute Gunung Bromo Jalur Pintu Masuk Cemoro Lawang dari Probolinggo

Ada alternatif jalur lain yang dapat Anda ambil untuk menuju ke kawasan wisata Bromo. Anda bisa melewati pintu utara dari Probolinggo, dan melalui Tongas, kemudian sampai di pintu masuk desa Cemara Lawang.

Berbeda dengan rute sebelumnya, jalur ini lebih mudah dilalui dan lebih aman. Anda bisa berjalan kaki atau naik sepeda motor saat liburan di sana. Selain itu, lerengnya juga tidak terlalu curam, sehingga perjalanan Anda akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

  • Jalur Pintu Selatan dari Jemplang Malang

Jalan alternatif ke kawasan wisata Bromo selanjutnya dapat diakses melalui pintu utara kota Malang. Anda dapat memasukinya melalui daerah Tumpang menuju ke Pronojiwo. Selama perjalanan, Anda akan disuguhi dengan pemandangan hutan hijau yang sangat memukau.

Baca Juga  Fenomena Embun Upas, Muncul Salju di Gunung Bromo!

Dari Pronojiwo, jika Anda melanjutkan perjalanan ke selatan, maka akan menuju ke Ranu Pane, sedangkan jika ke utara, maka akan memasuki kawasan lautan pasir Bromo yang berada di selatan Bromo. Untuk mencapai puncak Bromo, Anda dapat mengikuti jalur lautan pasir yang begitu memikat. Namun, Anda juga bisa menikmati pemandangan sekitar dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor.

  • Alternatif Jalur Lain dari Senduro Lumajang

Jika Anda mencari alternatif jalur untuk menuju ke Gunung Bromo, maka ada satu lagi pilihan yang bisa Anda coba, yaitu melalui Lumajang. Anda bisa menuju desa Ranu Pane dan kemudian menyusuri lautan pasir untuk sampai ke Bromo. dengan sepeda motor dapat menempuh rute tersebut selama sekitar 3 jam perjalanan.

Selain menikmati keindahan lautan pasir, di sepanjang rute ini juga tersaji pemandangan savana dan berbagai jenis tanaman pegunungan. Namun, pastikan Anda melakukan perjalanan di siang hari dan saat tidak ada kabut, karena area sekitar sangat sepi dan hampir tidak ada persinggahan sama sekali.

 Anda bisa memilih rute yang sesuai dengan lokasi Anda dan memudahkan akses menuju ke Wisata Bromo. Selamat mencoba!

4. Lakukan Reservasi/Booking Online Tiket Wisata Bromo

Mulai dari tanggal 1 Desember 2019, akses ke Gunung Bromo tidak lagi bebas untuk siapa saja. Pengelola Wisata Gunung Bromo menetapkan bahwa setiap pengunjung wajib melakukan booking tiket masuk secara online sebelum berkunjung. Langkah ini dilakukan salah satunya karena wabah covid 19, agar mengurangi kontak langsung antara petugas dengan pengunjung.

Cara Booking Online Tiket Masuk Wisata Bromo

Cara Booking Online Tiket Masuk Wisata Bromo

Berapa harga tiket Gunung Bromo?, harga tiket masuk tergantung kapan kalian berkunjung, Wisatawan Lokal : Rp 29.000 pada hari kerja & Rp 34.000 pada hari libur. Tiket Bromo wisatawan Asing : Rp 29.000 pada hari kerja & Rp 34.000 pada hari libur.

5. Rekomendasi Kegiatan Wisata di Bromo

Berwisata ke Bromo menawarkan pengalaman unik bagi pengunjung, dengan berbagai aktivitas atau kegiatan yang dapat dilakukan di sana. Pengunjung dapat menikmati pemandangan matahari terbit hingga menikmati keindahan lautan pasir yang membentang di sekitarnya.

Dokumentasi Foto dari Kawanjelajahtour saat di Bromo

Berikut beberapa rekomendasi Kegiatan Liburan di Bromo yang mana dapat membuat libuaran kalian semakin berkesan, simak yuk:

  • Menikmati Fenomena Sunrise di Penanjakan Bromo

Mendaki Bukit Penanjakan untuk menikmati Sunrise di Gunung Bromo adalah pengalaman yang sangat populer. Namun, agar dapat menikmati keindahan panorama sunrise, Anda perlu berangkat sekitar pukul 04.00 pagi dan naik jeep ke puncak Penanjakan Bromo.

  • Mendaki Menuju Kawah Bromo

Jika Anda ingin mendaki Gunung Bromo, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menuju kawah dan naik tangga hingga mencapai puncak. Namun, perlu diingat bahwa asap yang keluar dari kawah dapat mengganggu pernapasan, sehingga disarankan untuk membawa masker saat melakukan pendakian. Jangan biarkan masalah pernapasan mengganggu petualangan Anda di salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia ini.

  • Berkuda di Hamparan Pasir Berbisik Bromo

Salah satu aktivitas tak terlupakan saat berwisata ke Gunung Bromo adalah berkuda di Pasir Berbisik. Berkuda di padang pasir yang luas ini memberikan pengalaman yang berbeda dan indah, dengan pemandangan alam yang spektakuler dari ketinggian yang berbeda.

  • Menikmati Pemandangan di Savana Bukit Teletubbies Bromo

Savana Bukit Teletubbies menawarkan pemandangan rumput hijau yang luas dengan latar belakang megahnya Gunung Bromo. Menikmati pemandangan savana dan Gunung Bromo dari atas bukit ini adalah pengalaman yang sangat direkomendasikan dan akan memanjakan mata dan jiwa Anda.

  • Melihat dan Mengunjungi Desa Adat Suku Tengger Bromo

Anda tidak perlu pergi jauh untuk merasakan nuansa budaya di kawasan Gunung Bromo. Cukup kunjungi Desa Adat Bromo Tengger yang terletak di lereng Gunung Bromo, Anda akan merasakan uniknya budaya di sana. Anda juga dapat melihat upacara adat yang diadakan oleh masyarakat setempat, seperti upacara Kasada.

Baca Juga  Cara ke Hillside Cafe 360 Bromo dari Surabaya, Simak Rutenya!

6. Transportasi Wisata ke Gunung Bromo

Jika Anda sedang merencanakan perjalanan wisata ke Gunung Bromo, maka salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan adalah transportasi. Memilih transportasi yang tepat akan sangat membantu dalam menikmati perjalanan Anda.

Transportasi Liburan Sewa Hiace Murah dari Kawanjelajahtour

Transportasi liburan ke Bromo dari Surabaya | Sewa Hiace Kawanjelajahtour

Ada beberapa pilihan transportasi yang bisa Anda gunakan untuk liburan ke Gunung Bromo, di antaranya:

  • Kendaraan Pribadi

Jika Anda ingin lebih fleksibel dalam perjalanan, maka menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, anda perlu waspada bahwa jalanan menuju ke Gunung Bromo cukup terjal dan berliku-liku, sehingga perlu berhati-hati dalam mengemudi.

  • Transportasi Umum

Anda juga bisa menggunakan transportasi umum seperti bus atau travel. Banyak operator travel dan bus yang menawarkan paket perjalanan ke Gunung Bromo, termasuk antar jemput dari hotel atau bandara.

  • Jeep Wisata Bromo

Jika ingin merasakan pengalaman yang berbeda, maka menyewa Jeep Bromo bisa menjadi pilihan yang menarik. Jeep ini sudah termasuk dengan sopir yang berpengalaman dan sudah tahu rute menuju ke Gunung Bromo.

Namun, sebelum memilih transportasi yang tepat, pastikan Anda sudah mempertimbangkan beberapa hal seperti jarak tempuh, kenyamanan, dan budget. Selain itu, pastikan juga transportasi yang Anda pilih sudah memiliki izin dan memenuhi standar keamanan. Selamat menikmati keindahan alam yang spektakuler selama liburan di Gunung Bromo!

7. Ikuti Peraturan dan Larangan di Kawasan Wisata Bromo

Pengunjung wajib mengikuti peraturan di Kawasan Wisata Bromo, hal ini sangat penting untuk menjaga keamanan dan keindahan alamnya. Beberapa peraturan dan larangan setiap wisatawan yang akan masuk yaitu antara lain :

  • Tidak Melukai atau Menangkap Satwa di Kawasan Wisata Gunung Bromo

Gunung Bromo tidak hanya rumah bagi beragam tanaman, tetapi satwa liar juga hidup di dalamnya. Pengunjung dilarang mengganggu aktivitas hewan dan menangkap satwa yang dilindungi. Tujuannya adalah menjaga ekosistem agar tetap terjaga dengan baik dan menciptakan harmoni dalam rantai makanan. Salam Lestari!

  • Tidak Memetik Tumbuhan di Gunung Bromo Sesuka Hati

Flora atau tumbuhan yang berada di Gunung Bromo harus tetap dilindungi, pengunjung dilarang mengambil sembarangan tanpa izin di sekitar area tersebut. Salam Lestari!

  • Tidak Membawa Obat-Obat Terlarang, Minuman Keras atau Beralkohol

Penting bagi para pengunjung di kawasan Bromo untuk mematuhi aturan penting lainnya, yaitu melarang membawa obat-obatan terlarang, minuman keras atau beralkohol. Aturan ini mengikat bagi seluruh pengunjung, tidak peduli usia mereka, baik yang muda maupun yang dewasa.

  • Tidak Membuang Sampah Sembarangan dan Harus Membawa Turun Sampah Bawaannya.

Saat sedang berada di Gunung Bromo, jangan buang sampah sembarangan. Bawalah turun kembali sampah yang kita bawa. Wisatawan harus bertanggung jawab terhadap limbah atau sampah mereka. Ciptakan lingkungan bersih, indah, dan lestari. Menikmati alam dengan tanggung jawab.

Untuk informasi lebih lengkap silahkan kunjungi dan klik tautan berikut bromotenggersemeru.org.

Demikian uraian tentang 7 Tips Penting Wisata Bromo, semoga dapat menjadi panduan bagi kalian yang sedang berencana liburan ke Bromo. Apabila dalam artikel ini ada kesalahan, atau ada yang tidak kalian mengerti, mari berdiskusi di kolom komentar.

Paket Tour Bromo Sunrise dari Kawanjelajahtour

Paket Tour Bromo Sunrise dari Kawanjelajahtour

Untuk memastikan liburan anda ke Bromo berjalan dengan lebih teratur, bergabunglah pada Paket Liburan Bromo dari Kami. Menawarkan berbagai paket tour untuk memudahkan liburan anda, termasuk paket ke Bromo yang lengkap. Dalam perjalanan liburan ke Bromo, Anda akan mendapatkan bimbingan yang memadai dari kami. Anda bisa memilih Paket Tour Bromo terbaik, premium dan termurah hanya di Kawanjelajahtour.com.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Agen Perjalanan, Biro Wisata, Tour Travel yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur, Indonesia. Berspesialisasi dalam menyediakan paket wisata ke Gunung Bromo, Kawah Ijen, Dieng, Yogyakarta, dan destinasi lainnya di Jawa Timur. Menawarkan pilihan open trip dan private trip dengan harga mulai dari Rp 300.000 per orang. Rental Mobil untuk area Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan Sekitarnya | Telp/Whatsapp: 081331310359.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

⚫ Online
kontak WA
kontak telp
kontak Sms