Beranda » Wisata Gunung Bromo » Gunung Bromo Ditutup untuk Kendaraan Bermotor saat Wulan Kapitu
Gunung Bromo ditutup untuk kendaraan bermotor

Gunung Bromo ditutup untuk kendaraan bermotor saat wulan kapitu

Artikel ini menginformasikan tentang “Gunung Bromo yang tutup untuk Kendaraan Bermotor saat Wulan Kapitu”. Selamat membaca.

Ritual Wulan Kapitu Tengger Bromo

Masyarakat Suku Tengger Bromo

Masyarakat Suku Tengger Bromo | foto : blog.unnes.ac.id

Ritual Wulan Kapitu bagi masyarakat Suku Tengger merupakan sistem penanggalan masyarakat Suku Tengger dimana termasuk bulan yang suci dan mereka akan melakukan puasa putih selama satu bulan penuh.

Seluruh masyarakat Suku Tengger mulai dari Dukun Pandita, Aparat Desa, para Pemangku Adat akan menahan diri dari semua perilaku keduniawian.

Ritual ini menjadi momen bagi masyarakat setempat untuk lebih mendekatkan diri pada sang maha kuasa.

Hingga kini masyarakat Suku Tengger masih melestarikan Ritual tersebut, sebagai Wisatawan dan Orang Luar dari Suku Tengger, kita harus menghormatinya.

Penutuapan Sementara Gunung Bromo untuk Kendaraan Bermotor

Untuk menghormati adat dan budaya Ritual Wulan Kapitu Bromo, maka Balai Besar TNBTS  memberikan aturan sementara penutupan area kawasan Gunung Bromo.

Balai Besar TNBTS pada Jumat (9/12/2022) mengumumkan Pembatasan Kunjungan Wisata Alam dan Kegiatan Masyarakat pada Wulan Kapitu 2023.

Point – point penting dalam pengumuman tersebut yaitu sebagai berikut :

  • Pada awal Wulan Kapitu, dari hari Jumat 23 Desember 2022 mulai pukul 18.00 WIB sampai dengan hari Sabtu 24 Desember 2022 pukul 18.00 WIB.
  • Pada akhir Wulan Kapitu, mulai Sabtu 21 Januari 2023 pukul 18.00 WIB hingga Minggu 22 Januari 2023 pukul 18.00 WIB.

Penutupan tersebut mengkhususkan bagi kendaraan bermotor kecuali untuk hal daruratan yang hendak memasuki area Gunung Bromo dalam batas tertentu.

Aturan tersebut mempersilahkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor hanya sampai batas titik tertentu. Pada jalur Pasuruan maksimal di Pakis Bincil, alu Probolinggo sampai dengan Cemorolawang, Sementara itu, dari Malang dan Lumajang, maksimal sampai Jemplang.

Baca Juga  Wisata Bromo dari Surabaya, Tips Penting dan Paket Tour Termurah!

Demikian Informasi mengenai “Gunung Bromo Ditutup untuk Kendaraan Bermotor saat Wulan Kapitu“, Semoga bermanfaan dan dapat  menambah wawasan kalian.

Pesoana Wisata Alam Jawa Timur

Pesoana Wisata Alam Jawa Timur | Paket Wisata Kawanjelajahtour Gresik

Jika kalian sedang merencanakan untuk pergi berlibur ke Gunung Bromo dan butuh informasi lebih lengkap mengenai Paket Wisata Gunung Bromo, harga paket wisata, fasilitas wisata serta pilihan paket wisata surabaya, dan lain lain, silahkan hubungi kontak kami.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Agen Perjalanan, Biro Wisata, Tour Travel yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur, Indonesia. Berspesialisasi dalam menyediakan paket wisata ke Gunung Bromo, Kawah Ijen, Dieng, Yogyakarta, dan destinasi lainnya di Jawa Timur. Menawarkan pilihan open trip dan private trip dengan harga mulai dari Rp 300.000 per orang. Rental Mobil untuk area Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan Sekitarnya | Telp/Whatsapp: 081331310359.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

⚫ Online
kontak WA
kontak telp
kontak Sms