Beranda » Wisata Kawah Ijen » Jam Pendakian Kawah Ijen Terbaru Buka Lebih Awal, Bisa Lihat Blue Fire?

Jam pendakian Kawah Ijen, banyak para wisatawan yang mungkin masih mencari informasi tentang “Wisata ijen banyuwangi buka jam berapa?” tampaknya masih menjadi pertanyaan yang sering muncul.

Jam Pendakian Kawah Ijen Terbaru Buka Lebih Awal, Bisa Lihat Blue Fire?

Gunung Ijen yang menjadi lokasi wisata alam Kawah Ijen, merupakan gunung api aktif  yang memiliki ketinggian 2.769 mdpl, berlokasi antara Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi di Jawa Timur, terkenal dengan pesona alamnya, fenomena Api Biru / blue fire menjadi daya tarik utamanya.

Jam buka pendakian sangat bergantung pada informasi status Gunung Ijen tersebut, kemudian Balai besar BKSDA Jatim akan memberikan informasi resmi berupa surat edaran.

Info Terbaru Jam Pendakian Kawah Ijen

Setelah menanti dalam jangka waktu yang cukup lama, akhirnya jam buka pendakian Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen telah diberikan kesempatan lebih awal. Keputusan ini datang sejalan dengan rilisnya Surat Edaran Kepala BBKSDA Jatim dengan Nomor SE.247/K.2/BIDTEK.1/KSA/8/2023, tertanggal 09 Agustus 2023.

Dalam isi surat edaran tersebut mulai tanggal 12 Agustus 2023 jam buka untuk pendakian kawah ijen pukul 02.00 WIB dan berakhir pada pukul 12.00 WIB. Ini menandai perubahan signifikan dari peratuan sebelumnya yang mana pendakian buka pada pukul 04.00 WIB.

Perubahan ini tentu memberikan peluang yang lebih besar bagi para wisatawan untuk dapat menyaksikan Apa yang menjadi keistimewaan dari wisata alam ini, yaitu Fenomena Blue Fire Ijen, Yang tentu menjadi daya tarik utama Kawah Ijen bagi para wisatawan adalah keajaiban pemandangan api biru yang hanya ada 2 didunia.

Baca Juga : Pesona Wisata Kawah Ijen Tak Hanya Fenomena Blue Fire, Apa Saja ?

Keunikan langka ini timbul akibat pelepasan gas belerang berkadar tinggi yang kuat muncul melalui retakan-retakan batuan, membawa suhu ekstrem yang meraih puncak 600 derajat Celsius.

Baca Juga  4 Tips Penting Menikmati Blue Fire Kawah Ijen Dengan Maksimal

Sembari fenomena tersebut terjadi, tampillah nuansa blue fire ijen yang sangat langka, yang terjadi melalui proses perpaduan antara gas belerang serta elemen udara sekelilingnya.

Panduan Singkat Wisata Alam Kawah Ijen Untuk Pendaki Pemula.

Pendakian Gunung Ijen, Panorama Kawah Ijen

Pendakian Gunung Ijen, Panorama Kawah Ijen

Wisata alam Kawah Ijen merupakan destinasi luar biasa yang memadukan petualangan dan keajaiban alam. Bagi para pemula yang ingin merasakan pesona ini, berikut adalah panduan singkat untuk membantu pendakian ke kawah ijen berjalan lancar, nyaman, dan aman:

a. Membeli Tiket Masuk Wisata Kawah Ijen

Saat tiba di Pos Paltuding Ijen, wisatawan akan menemukan pusat informasi yang memberikan wawasan tentang rute pendakian, kondisi jalur, serta pengetahuan tentang fenomena unik yang ada di kawah Ijen. Selain itu, pengunjung juga dapat membeli tiket masuk di lokasi ini. berikut informasi harga tiket masuk wisata Kawah Ijen:

Harga tiket masuk terbaru: saat weekday Rp. 5.000,- wisatawan lokal & Rp. 100.000,- wisatawan asing. Saat weekend Rp. 7.500,- wisatawan lokal & Rp. 150.000,- wisatawan asing.

Harga tiket parkir kendaraan terbaru: roda dua Rp. 5.000,-, roda empat Rp. 10.000,-, berkemah Rp. 5.000,-.

Informasi mengenai harga tiket masuk Kawah ijen dan cara pembelianya silahkan bisa klik pada link berikut ini : tiket.bbksdajatim.org.

b. Perlengkapan Pendakian Gunung Ijen Yang Tepat

Penting untuk memastikan telah mempersiapkan perlengkapan yang tepat. Kesiapan yang matang akan menghadirkan pengalaman yang lebih lancar dan nyaman. Berikut adalah panduan perlengkapan pendakian kawah ijen yang perlu dipertimbangkan:

  1. Jaket atau pakaian penghangat
  2. Penutup kepala
  3. Masker gas
  4. Sarung tangan
  5. Kaos kaki
  6. Sandal atau sepatu
  7. Senter / alat penerangan
  8. Air mineral secukupnya
  9. Makanan ringan secukupnya
  10. Tongkat hiking (opsional)
  11. Peralatan dokumentasi
  12. Alat sholat bagi yang Muslim
Baca Juga  Pesona Wisata Kawah Ijen Tak Hanya Fenomena Blue Fire, Apa Saja ?

Sebelum Anda berangkat, pastikan untuk memeriksa kembali daftar perlengkapan ini. Persiapkan diri Anda dengan baik dan nikmati setiap detik perjalanan menuju keindahan Kawah Ijen yang menunggu untuk dijelajahi.

c. Mengenal Medan, Jarak & Durasi Pendakian Kawah Ijen

Dari Pos Paltuding menuju puncak kurang lebih perjalanan sejauh 3,4 km dengan berjalan kaki dalam kurun waktu sekitar 2 hingga 2,5 jam.

Perjalanan mengarah ke puncak gunung Ijen mengambil jalur dengan medan berkontur tanah merah, menyuguhkan sedikit sentuhan pasir. Menempuh jalur yang memiliki lebar bervariasi, kemudian beberapa titik meraih kisaran selebar 4 meter, sementara yang lainnya mengkerut hingga hanya 2 meter.

d. Perhatikan Waktu Yang Tepat Untuk Berkunjung

Kapan waktu terbaik berkunjung ke Kawah Ijen?. Memilih waktu yang tepat untuk berkunjung adalah langkah cerdas. Sebagian besar pendaki memilih menjelajahi kawah pada dini hari untuk menyaksikan keajaiban Blue Fire. Namun, perlu juga memperhatikan cuaca dan kondisi lingkungan.

  • Bulan Desember – Januari, pada akhir bulan Desember, kepekatan kabut yang menyelimuti puncak Gunung Ijen cenderung sudah mereda. Wisatawan dapat menikmati panorama api biru dan keindahan Danau Kawah Ijen tanpa terhambat oleh kabut tebal. Namun pada bulan tersebut masih termasuk dalam musim penghujan di Indonesia. Oleh karena itu, agar mempersiapkan perbekalan yang memadai serta merencanakan langkah dengan matang sebelum memulai pendakian menuju puncak gunung tersebut.

Paket Wisata Ijen: Open Trip Kawah Ijen Baluran berangkat dari Surabaya, Gresik dan Sidoarjo harga terjangkau cuman 330.000/pax

  • Bulan Juli Sampai September,  musim panas yang jatuh pada bulan tersebut merupakan waktu paling favorit wisatawan untuk mengunjungi Kawah Ijen. Potensi hujan cenderung rendah, permukaan tanah akan menjadi lebih kering, dan memudahkan waktu pendakian. Selain itu, sinar matahari juga lebih cerah saat memasuki musim kemarau.
Baca Juga  Tips Mendaki Kawah Ijen Untuk Pemula Agar Tidak Mudah Lelah

e. Menjaga Etika dan Lingkungan

Selama menjelajahi Kawah Ijen, penting untuk menjaga etika dan menghormati lingkungan. Bawa kembali sampahmu sendiri dan hindari merusak atau mencemari lingkungan sekitar. Ini akan membantu menjaga keindahan alam Gunung Ijen tetap lestari dan generasi mendatang masih dapat menikmati keindahan tersebut.

Puncak Gunung Ijen | Pesona Kawah Ijen

Puncak Gunung Ijen | Pesona Kawah Ijen

beberapa informasi lainya yang harus kamu ketahui sebelum berkunjung ke Kawah Ijen, Klik dan baca disini lebih lengkapnya.

Selain destinasi menarik ini, masih banyak tempat wisata lain di Jawa Timur yang patut Anda kunjungi. Baca artikel-artikel kami yang lain untuk referensi lebih lanjut dengan klik tautan ini, jadi jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi pesona alam Indonesia yang luar biasa. Selamat berpetualang!.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Agen Perjalanan, Biro Wisata, Tour Travel yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur, Indonesia. Berspesialisasi dalam menyediakan paket wisata ke Gunung Bromo, Kawah Ijen, Dieng, Yogyakarta, dan destinasi lainnya di Jawa Timur. Menawarkan pilihan open trip dan private trip dengan harga mulai dari Rp 300.000 per orang. Rental Mobil untuk area Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan Sekitarnya | Telp/Whatsapp: 081331310359.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

⚫ Online
kontak WA
kontak telp
kontak Sms